Pengertian Visual Branding, dan Pentingnya Bagi Bisnis

Salah satu elemen penting untuk menciptakan persepsi pelanggan tentang bisnis yang Anda jalankan adalah dengan menerapkan visual branding. Mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan visual, selalu menunjukkan ketertarikan. Lantas, apa itu pengertian visual branding?
Sebelum membahas lebih jauh tentang visual branding, mari kita paparkan pentingnya elemen visual untuk branding terlebih dahulu. Untuk membangun sebuah brand image secara efektif, tentu saja Andap perlu menyampaikan sebuah pesan bisnis untuk bisa memberikan dampak positif di awal.
Visual branding sendiri lebih mengacu terhadap sisi elemen visual sebuah brand, sehingga menjadi pembeda dari brand yang lainnya. Semua elemen tersebut bisa meliputi logo, identitas merek dan elemen lainnya.
Pengertian Visual Branding
Visual branding memiliki pengertian sebagai sebuah proses untuk memvisualisasikan suatu brand atau merk, entah itu pada logo maupun namanya. Dengan demikian, brand mempunyai ciri khas yang gampang diingat masyarakat.
Sebagai pemilik sebuah brand, memvisualisasikan brand itu sendiri adalah hal terpenting yang wajib dilakukan. Jika Anda mampu memvisualisasikannya dengan baik, dengan begitu proses bisnis Anda memasuki pasar pun menjadi semakin lancar, bahkan usaha bisa cepat berkembang.
Untuk menyusun sebuah visual branding, ada 3 komponen yang harus Anda perhatikan, antara lain brand, komposisi dan warna. Pemanfaatan warna ini sangat krusial karena memberikan value tambahan ke dalam brand itu sendiri.
Penggunaan berbagai macam elemen dan komposisi warna wajib diperhatikan supaya pesan bisnis yang Anda buat bisa tersampaikan secara maksimal kepada konsumen.
Apa Manfaat Visual Branding Untuk Bisnis?
Setelah memahami pengertian visual branding, ada banyak manfaat yang dirasakan jika bisnis atau brand Anda melakukan visual branding, berikut ini :
1. Membuat Omset Bisnis Meningkat
Visual branding juga memberikan manfaat yang secara tidak langsung dan bisa dirasakan dalam jangka panjang. Kemungkinan besar logo bisnis yang Anda buat menjadi yang banyak diincar pelanggan tertentu.
Dalam hal ini, Anda dapat bercermin ke brand-brand terkenal yang tetap diincar banyak konsumen walaupun harganya mahal.
2. Menciptakan Kesadaran Merk
Saat banyak bisnis sejenis yang sama seperti bisnis Anda, tentu saja brand bisnis Anda harus mampu menghadapi krisis identitas. Dengan menciptkaan visual branding dapat mempertahankan visual identity.
Dengan kata lain, pandangan pelanggan pada brand Anda semakin positif. Ada berbagai brand yang kerap melakukan berbagai improvisasi untuk menambah persepsi pelanggan.
Misalnya saja dengan memasang iklan lewat media online dan media cetak, membuat event-event menarik, menawarkan potongan harga dan masih banyak lagi. Namun semua cara tersebut tidak dapat berhasil jika Anda masih belum menciptakan visual branding yang menarik.
3. Menambah Kepercayaan Pelanggan
Jika Anda mendesain kemasan menarik dengan kartu ucapan terima kasih untuk pelanggan karena sudah membeli produk Anda, maka hal tersebut membuat pelanggan menganggap jika Anda peduli dengan kepuasan pelanggan.
Bukan hanya itu saja, brand yang bisa menjawab kebutuhan pembeli berpeluang menjadi produk andalan yang bisa bersaing secara bebas di pasaran.
4. Bisa Memperoleh Lisensi dengan Mudah
Lisensi merupakan izin yang telah diberikan pihak pemegang paten, entah itu yang sifatnya ekslusif atau non eksklusif untuk pihak penerima lisensi menurut perjanjian tertulis.
Tujuannya untuk memakai paten yang dilindungi sesuai syarat dan jangka waktu tertentu. Jika bisnis Anda telah memiliki lisensi, tentu saja pelanggan lebih percaya dengan brand atau produk yang Anda tawarkan.
Di samping itu, membuat brand Anda lebih kompetitif. Meskipun banyak bisnis baru yang serupa muncul dan menyaingi bisnis Anda, namun tidak akan mampu menyaingi brand Anda jika mereka tidak memiliki lisensi.
5. Membuat Bisnis Bertahan Lama
Setiap pemilik bisnis tentu saja ingin jika bisnisnya berjalan dalam jangka panjang dan tetap bertahan di tengah-tengah persaingan. Di samping harus konsisten, tetapi Anda juga perlu memperhatikan visual branding.
Tujuannya, karena seiring waktu Anda akan semakin banyak menjumpai kompetitor baru di industri serupa. Dengan demikian, penting untuk menciptakan visual branding secara maksimal.
6. Dapat Meningkatkan Omset
Branding visual bisa bermanfaat juga untuk mendongkrak penjualan melalui image brand yang positif. Dengan visual brand yang kuat bisa menambah kesadaran merek, yang akhirnya menambah penjualan lebih banyak.
Elemen-Elemen dalam Visual Branding
Ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan dalam visual branding, antara lain :
1. Penerapan Warna Secara Konsisten
Warna ini bisa membantu Anda untuk membangun visual branding dengan kuat bagi sebuah brand. Saat sebuah brand memakai warna secara konsisten atau sama di seluruh elemen visualnya, seperti materi pemasaran, situs web dan juga media sosial, maka bisa membangun citra merk yang gampang dikenali.
Anda harus memilih warna-warna tersebut sesuai dengan nilai, target audiens dan kepribadian merek. Memakai warna secara konsisten juga sangat penting dalam mengenal merek ata brand.
Jika pengguna melihat grafik atau logo yang warnanya sama hingga berulang kali, maka mereka akan mulai mengasosiasikan berbagai warna tersebut pilihan tersebut dengan brand, karenanya membuat brand gampang diingat.
2. Logo
Logo juga berperan sebagai representasi dari visual branding perusahaan, organisasi atau merk. Karenanya, logo tersebut dapat memberikan kesan pertama pada sebuah brand, sekaligus berperan penting untuk membangun identitas.
Apabila Anda merancang logo dengan baik, sudah pasti logo yang Anda buat menjadi serbaguna dan gampang diingat.
3. Grafis Untuk Pendukung
Grafis untuk pendukung ini merupakan bagian terpenting pada identitas merek. Dimana elemen ini dapat membantu membentuk citra yang gampang dikenali dan diingat yang bisa diasosiasikan dengan brand.
Di samping itu, elemen tersebut bisa berupa skema warna, logo, grafik, tipografi dan gambar, dimana semuanya ikut bekerja sama dalam menciptakan brand image secara konsisten.
Ketika menghadirkan grafis pendukung guna keperluan branding, maka perlu mempertimbangkan nilai, pesan dan juga target audiens. Agar identitas merek bisa terbangun, maka bahasa visual didukung dan dipakai oleh banyak grafis, berupa aset desain, slogan, foto dan ikon.
4. Brand Personality
Berbicara tentang brand personality, ini merupakan kualitas emosional yang telah diasosiasikan ke dalam sebuah brand. Biasanya kualitas tersebut disampaikan lewat berbagai macam elemen visual sebagai pembentuk identitas brand, antara lain berupa skema warna,logo, citra dan tipografi.
Melalui elemen visual secara konsisten yang dirancang semaksimal mungkin, maka sebuah brand bisa membangun sebuha kepribadian yang unik. Agar tercipta kepribadian brand yang kuat lewat elemen visual ini, maka Anda harus memahami misi, nilai brand dan juga target audiens.
Dengan memahami pengertian vusual branding dan pentingnya bagi bisnis, sudah seharusnya Anda memvisualisasikan brand untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus membuat pelanggan lebih mudah mengingat brand Anda. Konsultasikan kebutuhan branding dan pilih media branding yang tepat bersama dutaasiaadvertising.com!