Intip Perbedaan Branding dan Marketing yang Perlu Anda Ketahui!

Sebelum memulai branding, ketahui dulu apa perbedaan branding dan marketing, sebab pada kenyataannya masih banyak orang yang bingung dan kesulitan membedakan antara kedua istilah ini.

Meskipun branding dan juga marketing keduanya hampir mirip, tapi sebenarnya berbeda. Namun yang pasti, kesuksesan brand atau bisnis yang Anda jalankan tergantung dari strategi marketing dan juga metode branding yang dipilih.

Pemahaman Tentang branding

Sebelum kita membahas perbedaan branding dan marketing, pastikan untuk memahami apa itu branding terlebih dahulu. Branding sendiri merupakan istilah yang diambil berdasarkan kata brand, artinya merek. Lalu, apa sebenarnya branding itu?

Merk atau brand ialah sebuah nama, simbol, desain atau lainnya yang bisa membedakan antara produk atau layanan yang dimiliki setiap penjual. Biasanya brand atau merek ini dipakai dalam pemasaran, periklanan dan bisnis untuk mendapat pengakuan.

Brand juga untuk menyimpan nilai yang menjaid ekuitas brand untuk objek tertentu yang diidentifikasi. Jadi, branding adalah pencitraan supaya sebuah produk bisa ada di ingatan konsumen.

Selain itu, branding juga dapat diartikan sebagai komunikasi antara perusahaan bersama konsumen sebagai targetnya. Adapun tujuan utama branding yaitu untuk memperkenalkan sebuah brand perusahaan.

Apa Pentingnya Branding Bagi Sebuah Bisnis?

Bagi sebuah bisnis di perusahaan, branding merupakan aktivitas krusial yang sangat diperlukan. Karena ada banyak fungsi branding bagi sebuah bisnis itu sendiri, antara lain :

1. Menambah Daya Tarik

Produk dari brand terkemuka dan kuat biasanya memiliki daya tarik tersendiri bagi pembeli. Oleh karena itu, produk menjadi semakin mudah diperkenalkan dan dipromosikan untuk masyarakat. Karena itu,branding sangat berperan penting bagi bisnis sebuah perusahaan.

2. Menjadi Pembeda

Branding bagi bisnis berfungsi sebagai pembeda. Dimana setiap produk dengan brand yang baik dan kuat, maka membuat konsumen lebih gampang membedakannya dari brand lainnya. Tidak hanya itu saja, branding juga bisa menjadi ciri khas sebuah produk.

3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Dengan branding yang tepat dan efektif, dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek di setiap pelanggan. Hal tersebut artinya saat pelanggan memikirkan jasa maupun produk tertentu,

4. Membuat Pemasaran Lebih Mudah

Brand yang telah dikenali audiens mempunyai kemampuan dapat mempermudah proses marketing. Jika identitas brand Anda kuat, membuat teknik pemasaran semakin efisien sebab pelanggan dapat mengidentifikasi sekaligus dapat mengingat brand dengan mudah.

5. Bangun Loyalitas dan Kepercayaan Pelanggan

Melakukan branding secara konsisten bisa membangun tingkat kepercayaan pada pelanggan. Jika pelanggan merasa sudah yakin denganproduk atau brand Anda, maka pelanggan bisa menjadi tetap setia bahkan merekomendasikan brand tersebut ke teman atau orang lain.

6. Membuka Peluang Untuk Ekspansi Bisnis

Dengan merek yang dikenal dan kuat, berkesempatan untuk melakukan ekspansi bisnis ke pasar yang baru. Hal tersebut mengingat brand tersebut telah membangun reputasi positif di pasar.

7. Menggambarkan Filosofi Bisnis

Dalam hal ini, branding tidak hanya mengenai desain dan logo saja melainkan menggambarkan filosofi dan juga nilai sebuah bisnis. Hal tersebut tentu saja mmeningkatkan hubungan emosional.

Jika kita lihat secara keseluruhan, branding merupakan sebuah investasi yang memiliki peranan penting untuk bisnis sebab bisa memberikan manfaat dalam jangka waktu yang panjang secara signifikan untuk pertumbuhan dan juga keberlanjutan bisnis.

Perbedaan Branding dan Marketing Untuk Bisnis

Branding dan marketing merupakan dua hal yang saling berhubungan namun mempunyai fokus berbeda. Ada beberapa perbedaan branding dan marketing yang perlu Anda ketahui :

1. Pengertian

  • Branding, biasanya mencakup semua proses peningkatan identitas brand, termasuk citra, nilai dan juga pesan yang akan disampaikan terhadap pelanggan.
  • Marketing, merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang guna mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada pelanggan yang potensial melalui berbagai strategi, seperti promosi penjualan, media sosial dan iklan.

2. Waktu

  • Branding, merupakan proses yang melibatkan peningkatan brand image setiap waktu.
  • Marketing, bisa meliputi aktivitas jangka pendek, seperti peomosi untuk penjualan produk musiman.

3. Fokus Utama

  • Branding, memiliki fokus utama dalam hal menciptakan dan menjaga identitas merek secara konsisten.
  • Marketing, mempunyai fokus utama dalam penjualan produk maupun layanan. Caranya dengan memperhatikan keinginan dan juga kebutuhan pelanggan, serta dapat berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen.

Dengan memahami perbedaan branding dan marketing maka Anda bisa memahami peran antara keduanya dalam menetapkan strategi bisnis. Untuk membantu Anda meningkatkan branding, dutaasiaadvertising.com bisa menjadi teman yang diandalkan. Kami bisa menjadi solusi branding bisnis Anda dengan menciptakan kesadaran merek kepada calon pelanggan. Hubungi sekarang juga layanan CS dutaasiaadvertising.com untuk konsultasi terkait branding perusahaan atau bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *